RUANG
LINGKUP AKUNTANSI MANAJEMEN
SEBAGAI
INFORMASI
PENDAHULUAN
Akuntansi
Manajemen
Adalah proses pengidentifikasi,
mengukur dan melaporkan informasi ekonomi/keuangan, untuk memungkinkan adanya
penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan
informasi tersebut di mana titik sentralnya untuk pihak-pihak di dalam
organisasi/perusahaan.
Contoh :
·
Kalkulasi
biaya produk.
·
Kalkulasi
biaya suatu aktivitas.
Fungsi Akuntansi Dalam Organisasi
Dipandang dari tugas, fungsi-fungsi
yang ada dalam organisasi dibagi dua kelompok, yaitu :
1. Fungsi Garis (Link Manager)
Adalah para pejabat/pegawai atau bagian tertentu dalam suatu
organisasi yang mempunyai tugas langsung berhubungan dengan pencapaian tujuan
organisasi/perusahaan.
Contoh :
Para manajemen lini seperti :
·
Manajer
produksi Sedan.
·
Manajer
Prtoduksi Motor
·
Manajer
Produksi Bus
2. Fungsi Staf
Adalah pegawai atau bagian yang mempunyai tugas tidak langsung
dalam mencapai tujuan organisasi/perusahaan, lebih menekankan pemberian jasa
konsultasi, pelayanan dan informasi kepada staf fungsi garis.
Contoh :
Eksekutif Yang Mengurus Hubungan Dengan Pemerintah
Ruang Lingkup Manajemen
1. Organisasi
dan Tujuan Organisasi
Organisasi adalah
sekelompok orang yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan.
Contoh :
§
Panitia
17 Agustus
§
Organisasi
Lembaga Swadaya Masyarakat
§
PT
Indofood
§
Departemen
Keuangan
2. Strategi
Adalah pemilihan alternatif untuk mencapai tujuan bagi
perusahaan. Satu set strategi yang perlu dijalankan bagi organisasi yang
bertujuan mendapatkan laba, yaitu :
a.
Memilih
produk/jasa apa yang hendak dijual.
b.
Bagaimana
membuat produk/jasa.
c.
Bagaimana
memasarkannya.
3. Struktur Organisasi
Adalah gambar tentang kelompok-kelompok kerja atau
tempat-tempat pimpinan. Serta penjelasan mengenai tugas, tanggung jawab dan
wewenang.
Fungsi Manajemen
1. Planning
Adalah keputusan tentang apa yang akan dilaksanakan di masa
yang akan datang untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan.
2. Coordinating
Adalah koordinasi dalam melaksanakan planning/perencanaan yang
telah ditetapkan, supaya bisa berjalan seperti yang diharapkan.
3. Directing
Adalah pengawasan dari pelaksanaan planning pada saat planning
tersebut dijalankan, di sini termasuk pengarahan dari orang-orang yang
menjalankan planning tersebut
4. Controlling
Adalah pengawasan dari hasil pelaksanaan planning yang biasanya
dijalankan dengan membandingkan antara planning dengan pelaksanaan
sesungguhnya.
JENIS-JENIS INFORMASI AKUNTANSI
SERTA PERBEDAAN AKUNTANSI MANAJEMEN
DAN AKUNTANSI KEUANGAN
Jenis-jenis Informasi Dalam Perusahaan
Informasi
Adalah hasil/output pengolahan data
yang terorganisir dan berguna bagi orang yang menerimanya.
Informasi dibutuhkan manusia untuk
mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan
Jenis-jenis Informasi Akuntansi Untuk Manajemen
1. Akuntansi Biaya Penuh (Full Cost Accounting)
Ialah jumlah seluruh biaya langsung yang berkenaan dengan item
tersebut ditambah bagian yang layak dibebankan pada item tersebut dari biaya
tidak langsung.
Full Cost bisa berbentuk :
:
- Biaya Produksi Berdasarkan Full Costing + Biaya Pemasaranl + Biaya Administrasi
- Biaya Produksi berdasarkan Variable Costing + Biaya Pemasaran Variabel + Biaya Administrasi Variabel + Biaya OHP Tetap + Biaya Pemasaran Tetap + Biaya Administrasi Tetap.
- Unit Level Activity Cost + Batch Level Activity Cost + Product Level Aktivity Cost + Facility Level Activity Cost
2. Akuntansi
Biaya Diferensial (Differensial Accounting)
Ialah informasi keuangan yang akan digunakan dalam membantu
untuk menentukan alternatif mana yang dipilih, dimana biaya-biaya yang berbeda
antara satu set kondisi/alternatif yang satu dengan kondisi yang lain dan
merupakan biaya yang akan datang
Contoh
:
·
Informasi-informasi
yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan membeli atau membuat
·
Informasi
yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan menjual atau memproses lebih lanjut
3. Akuntansi Pertanggung jawaban
(Responsibility Accounting)
Ialah informasi keuangan dengan tujuan untuk pengendalian
biaya, dimana setiap pusat pertanggungjawaban yang dipimpin seorang manajer
(pimpinan) bertanggung jawab atas pelaksanaan perencanaan yang telah dibuat.
Contoh
:
·
Informasi
menganai jumlah biay yang telah dikeluarkan dari suatu departemen/Divisi
·
Informasi
mengani Kentungan yang diperoleh Kantor Cabang di Jakarta
Perbedaan Akuntansi Manajemen Dengan Akuntansi Keuangan
1. Tidak
mempunyai struktur (Formula) tunggal.
2. Tidak
diatur oleh prinsip akuntansi yang diterima umum
3. Lebih
bebas penyajiannya
4. Termasuk
informasi non keuangan.
5. Lebih
ditekankan untuk masa yang akan datang.
6. Memperhatikan
bagian-bagian lebih penting dari keseluruhan.
7. Kurang
menekankan pada kepastian.
8. Bukan
penilaian terakhir.
:
Jenis-jenis Laporan Akuntansi
1. Laporan
untuk manajemen.
2. Laporan
untuk perhitungan pajak.
3. Laporan
Khusus
4. Laporan
keuangan yang diaudit.
: